Jumat, 26 Februari 2010

ADA PERS DI MAN TANGGEUNG

Pers merupakan salah satu sarana untuk mencari, memeroleh dan menyampaikan informasi kepada publik yang idealnya harus eksis disetiap lembaga pendidikan termasuk di MAN Tanggeung. Menurut saya keberadaan pers di lembaga ini sangat diperlukan. Dengan adanya pers, segala bentuk informasi

Pers merupakan salah satu sarana untuk mencari, memeroleh dan menyampaikan informasi yang idealnya harus eksis disetiap lembaga, terutama lembaga pendidikan termasuk di MAN Tanggeung. Menurut saya keberadaan pers di lembaga ini sangat dibutuhkan. Dengan adanya pers seperti majalah contoh kecilnya, segala bentuk kegiatan, prestasi dan even penting di Madrasah dapat diinformasikan kepada masyarakat . Hal tersebut sedikit ataupun banyaknya dapat memberikan kontribusi, baik untuk lembaga sendiri maupun bagi publik. Salah satu contohnya adalah masyarakat dapat mengetahui, menilai dan pada akhirnya akan “terpikat” oleh MAN Tanggeung ini. Selain itu sekolah juga akan mudah dalam menyampaikn informasi kepada masyarkat, dengan kata lain pers juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk promosi oleh Lembaga sendiri.

Namun hal yang paling penting dari peranan pers di MAN Tanggeung ini adalah pers dapat dijadikan sebagi tanda bahwa sekolah sudah menerapakan prinsip demokrasi sedikit atau banyaknya. Dengan adanya pers setiap komponen personal di sekolah dapat menyampaikan pendapatnya demi kemajuan lembaga ini. Hal tersebut sesuai dengan asas kebebasan menyampaikan pendapat baiak secara lisan atau tulisan.

Bila dilihat dari potensi siswanya, MAN Tanggeung ini cukup memungkinkan untuk membentuk jurnalistik sekolah. Hal ini disebabkan banyak siswa yang memiliki kemampuan dan bakat serta minat dalam membuat kary tulis seperti cerpen, puisi artikel dan bntuk karya lainnya yang dapat dimuat dimajalah untuk dipublikasikan. Siswa-siswi juga memiliki keinginan dan kapabilitas untuk mengelola dan mengembangkan pers. Walaupun hanya sebahagian siswa. Jadi, saya setuju bila di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanggeung ini diadakan pers.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar